Berita

@Fakultas Sains dan Teknologi

Saturday, 4 June 2022

Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Gelar Stadium General Limbah Oil Spill dan Mikroplastik

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menyelenggarakan Stadium General dengan topik Pengelolaan Limbah Oil Spill dan Mikroplastik di Pesisir dan Laut pada hari Jumat, 3 Juni 2022. Bertempat di Auditorium Pasca Sarjana UINSA, kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Agus Salim, S. Ag., M. Si. dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dekan FST UINSA, Prof. Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M. Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk terciptanya suasana akademik di lingkungan FST UINSA yang mendukung mahasiswa dalam pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang diharapkan dapat berujung pada peningkatan prestasi akademik mahasiswa.

Limbah oil spill (tumpahan minyak) dan mikroplastik merupakan salah satu permasalahan yang tidak hanya dihadapi oleh Indonesia tapi telah menjadi permasalahan global. Oleh karena itu permasalahan ini perlu mendapat perhatian serius. Agus, yang juga merupakan Dekan FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2012-2014 dan 2014-2019, memaparkan hasil penelitiannya terkait tumpahan minyak, khususnya mengenai pemodelan sebaran atau distribusi tumpahan minyak yang terjadi di perairan Indonesia, diantaranya perairan Selat Sunda, Teluk Jakarta, dan Laut Timor.

Secara spesifik, Agus juga menjelaskan bagaimana aplikasi Fault Tree Analysis (FTA) pada kegiatan pemodelan dalam kajian manajemen resiko lingkungan pesisir dan laut untuk berbagai jenis failure hingga munculnya resiko tumpahan minyak maupun penyebaran mikroplastik.

Pentingnya kolaborasi, baik kolaborasi dosen dan mahasiswa hingga kolaborasi antar institusi, juga ditekankan oleh pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Forum Dekan FST Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia ini. “Kolaborasi akan membantu mempercepat peningkatan dalam banyak hal, diantaranya peningkatan kualitas penelitian, publikasi, dan juga prestasi akademik lainnya”, ujar Agus dalam pemaparannya.

Antusiasme peserta yang menghadiri kegiatan ini terlihat dari banyaknya pertanyaan di sesi tanya jawab setelah sesi pemaparan materi oleh narasumber. Menariknya, di akhir kegiatan Agus memberikan hadiah berupa buku karangannya berjudul “Environmental Impact Analysis Handbook: Housing Development in Rumpin West Java” kepada seluruh mahasiswa FST UINSA yang mengajukan pertanyaan.