Berita

Senin, 13 September 2021, Program Studi Ilmu Kelautan UIN Sunan Ampel Surabaya meluncurkan Maritime, Marine Science Coffee Time. Maritime merupakan kegiatan berbagi informasi, wawasan, ilmu dan pengetahuan, serta pengalaman antara alumni dan mahasiswa yang dikemas dalam forum diskusi. 

“Kami sengaja memilih format yang lebih santai, “coffee time”, ngopi bareng kalau kata anak jaman sekarang”, ujar Sekretaris Prodi Ilmu Kelautan UIN Sunan Ampel, Rizqi Abdi Perdanawati. “Dengan mengobrol santai kami berharap mahasiswa tidak merasa digurui sehingga mereka dapat menggali lebih dari para alumni dan narasumber yang hadir”, tambah Rizqi.
   
Maritime edisi perdana ini mempunyai tujuan agar mahasiswa mempunyai gambaran dan wawasan mengenai deskripsi profil dan bidang kerja lulusan Program Studi Ilmu Kelautan UIN Sunan Ampel. Ada tiga tema yang dihadirkan dalam rangkaian kegiatan Maritime perdana kali ini, yaitu “Are you the next hydro-oceanography consultant?”, “Ways of protecting and conserving coastal areas: Take your part!”, dan “Learning in and for Community Development: Grow Together”. 

“Ketiga tema ini mewakili profil lulusan kami yakni Surveyor Hidrooseanografi, Konservator Sumberdaya Pesisir dan Laut, serta Pengembang Masyarakat Pesisir dan Entrepreneur”, jelas Asri Sawiji dalam sambutannya. “Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya continous life-long personal dan professional development untuk mendukung keberhasilan dalam dunia kerja”, ujar Asri menambahkan.

Evi Fatimatur Rusydiyah, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya, mengapresiasi hadirnya kegiatan Maritime. Menurut Evi, alumni memiliki peran yang sangat besar dalam memajukan tidak hanya program studi tapi juga universitas. 

“Alumni dapat memberikan sumbangsih yang sangat besar, terutama sumbangan pemikiran untuk kemajuan prodi, fakultas, dan juga universitas. Maka itu kegiatan Maritime ini saya harap mampu memfasilitasi dalam rangka membangun sinergi ini. Membangun sinergi untuk kemajuan prodi, fakultas, dan juga universitas”, tegas Evi dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Maritime.

Rangkaian kegiatan Maritime dibuka dengan tema “Are you the next hydro-oceanography consultant?”, yang kemudian akan dilanjutkan dengan “Ways of protecting and conserving coastal areas: Take your part!” pada Kamis, 16 September 2021.  Selanjutnya, tema “Learning in and for Community Development: Grow Together” akan diselenggarakan pada Jumat, 17 September 2021.