
Sidoarjo, 20 Maret 2025 – Suasana pembelajaran di SMPN 1 Taman tampak berbeda dari biasanya. Di tengah semangat siswa yang mulai menurun menjelang libur panjang lebaran, guru matematika bersama mahasiswa Pendidikan Matematika FTK UINSA menggelar kegiatan pembelajaran kreatif melalui permainan edukatif. Dua kelas dari kelas VII-A dan VII-B mengikuti pembelajaran matematika yang dikemas dalam bentuk permainan edukatif bernama “Tangga Operasi Bilangan”.
Dalam permainan “Tangga Operasi Bilangan”, siswa dibagi menjadi pasangan-pasangan yang nantinya akan saling berkompetisi menjawab soal matematika. Materi yang digunakan berfokus pada operasi bilangan bulat mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga operasi campuran. Setiap kali mereka berhasil menjawab soal maka akan naik satu anak tangga. Siapa yang paling tepat dan paling cepat naik ke puncak, dialah pemenangnya. Sebagai bentuk apresiasi, siswa-siswa yang memenangkan game diberi hadiah sederhana oleh guru. Beberapa siswa mengaku senang dengan metode belajar seperti ini, mereka yang belum mendapat kesempatan bermain karena keterbatasan jam pelajaran masih ingin mencoba bermain dan memenangkan permainan.


Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari strategi pembelajaran kreatif untuk menumbuhkan kembali semangat belajar siswa setelah satu pekan mengikuti Pondok Ramadhan yang telah berlangsung sejak 13 hingga 19 Maret 2025. Pada tanggal 20 Maret, seluruh aktivitas pembelajaran kembali berjalan normal dengan semua siswa masuk ke kelas masing-masing. “Kami ingin siswa tetap belajar, tetapi dengan pendekatan yang tidak membosankan. Pembelajaran yang disajikan dalam bentuk game justru membuat siswa lebih bersemangat meski sedang berpuasa” ucap salah satu mahasiswa praktikan.
Kegiatan ini mendapat respon positif dari siswa maupun guru. Kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa dengan kreativitas dan kolaborasi, proses belajar dapat tetap berjalan efektif meskipun dalam kondisi yang tidak ideal. Diharapkan kolaborasi seperti ini dapat terus dilakukan sebagai bagian dari upaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.