Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi merupakan program studi yang mengintegrasikan ajaran tasawuf (spiritualitas Islam) dengan pendekatan psikoterapi modern. Program ini bertujuan untuk membentuk lulusan yang mampu memahami, mengelola, dan memberikan solusi atas permasalahan psikologis dan spiritual masyarakat melalui pendekatan keilmuan yang holistik, berbasis nilai-nilai Islam. Lulusan diharapkan memiliki kompetensi sebagai konselor spiritual, pendamping kesehatan mental, serta pengembang terapi berbasis nilai-nilai sufistik
Di Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, kamu akan belajar bagaimana spiritualitas Islam dapat menjadi kekuatan dalam menyembuhkan dan menenangkan jiwa. Menggabungkan teori tasawuf dengan teknik psikoterapi, program ini membekali kamu untuk menjadi pendamping psikologis yang kompeten dan penuh empati.
Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya secara resmi dibuka pada tahun 2015. Pembukaan ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) bernomor 1268 Tahun 2015 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 2 Maret 2015. Tahun tersebut menjadi momentum bersejarah karena merupakan tahun pertama program studi ini menerima mahasiswa, menandai awal pengembangan kajian interdisipliner yang mengintegrasikan ilmu tasawuf dengan pendekatan psikoterapi berbasis nilai-nilai Islam.
Sejak didirikan, Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi telah mengalami dinamika kepemimpinan yang berperan penting dalam pengembangan visi, misi, dan kualitas akademik program studi ini. Berikut adalah daftar ketua dan sekretaris program studi lintas masa tiga periode terakhir:
Kepemimpinan lintas masa ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam membangun fondasi akademik, peningkatan mutu kurikulum, serta memperluas jejaring kelembagaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan sinergi kepemimpinan dan dedikasi civitas akademika, Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi terus berupaya menjawab tantangan zaman melalui penguatan kajian spiritual dan psikoterapi yang kontekstual dan relevan.
Menjadi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional melalui kajian khazanah Nusantara.
Peran yang mencakup perancang, pembuat, pelaksana kegiatan dan narasumber training motivasi dalam bidang pelatihan menajemen emosi dan spiritual psikosufistik dengan pendekatan psikosufistik, baik dilakukan secara mandiri atau bersama kelompok.
Profesi: Motivator, Trainer, Desainer Training dan Motivasi manajemen emosi dan spiritual.
Peran yang meliputi: desainer kegiatan, fasilitator, praktisi Psikosufistik healing.
Profesi: Praktisi Psikosufistik healing, analisator problem motional dan spiritual untuk
individual dan komunal.
Perancang dan pelaksana penelitian dalam khazanah tasawuf dan psikoterapi, problem emotional dan spiritual pada individua tau masyarakat.
Profesi: Peneliti muda
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) | |
Motivator dan Trainer Psikosufistik | |
S01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. |
S02 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S06 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
KU01 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU02 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
KU05 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
P01 | Menguasai teori komunikasi interpersonal dan publik. |
P02 | Menguasai konsep dasar psikologi manusia dan tahap perkembangannya. |
P04 | Mengusai teori konseling dan psikoterapi. |
P17 | Menguasai Teori Desain Pelatihan, motivasi, dan psikosufiktik healing. |
P23 | Memahami teori Kecerdasan Emosi dan Spiritual. |
KK02 | Mampu menjalin komunikasi baik secara verbal dan nonverbal secara efektif serta efisien. |
KK03 | Mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan motivasi bagi individu dan kelompok. |
KK07 | Merancang dan melaksanakan edukasi yang bersifat preventif dengan pendekatan psikosufistik. |
Praktisi Psikosufistik Healing | |
S01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. |
S02 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S06 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
KU01 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU02 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
KU05 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
P01 | Menguasai teori komunikasi interpersonal dan publil |
P02 | Menguasai konsep dasar psikologi manusia dan tahap perkembangannya. |
P03 | Menguasai konsep sehat dan sakit pada psikologi manusia. |
P04 | Mengusai teori konseling dan psikoterapi. |
P05 | Menguasai teori-teori tentang meridian sistem pada tubuh manusia. |
P06 | Menguasai teori keterhubungan antara mind and body system pada manusia. |
P15 | Menguasai teori quantum healing. |
P16 | Menguasai teori Sufi Healing. |
P23 | Memahami teori Kecerdasan Emosi dan Spiritual. |
KK02 | Mampu menjalin komunikasi baik secara verbal dan nonverbal secara efektif serta efisien. |
KK05 | Mampu memberikan konsultasi dan penanganan dengan pendekatan Psikosufistik. |
KK10 | Mampu menjadi problem solver terhadap krisis emosional dan spiritual. |
KK12 | Mampu memberikan penanganan dengan pendekatan quantum healing. |
Peneliti Muda bidang Tasawuf dan Psikoterapi | |
S01 | Bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. |
S02 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S04 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung-jawab padanegara dan bangsa. |
S05 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dankepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
KU01 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU05 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU09 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
P01 | Menguasai teori komunikasi interpersonal dan publik. |
P07 | Menguasai dasar-dasar ilmu keislaman. |
P09 | Menguasai sejarah, pemikiran, dan tokoh tasawuf. |
P10 | Memahami madhâhib al-tasawwuf dan tarekat. |
P11 | Memahami sejarah dan perkembangan tasawuf dan tarekat di Nusantara. |
P12 | Memahami hubungan tasawuf dan tradisi pesantren. |
P18 | Menguasai teori menyampaikan gagasan tertulis sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
KK01 | Mampu menjalin komunikasi baik secara verbal dan nonverbal secara efektif serta efisien. |
KK04 | Mendesain, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan penelitian tentang tasawuf dan psikoterapi. |
KK11 | Memiliki ketrampilan menulis karya ilmiah secara baik dan benar. |
1 | ![]() | Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D. S1: Universitas Al Azhar Mesir S2: Cape Town University, Afrika Selatan S3: Cape Town University Afrika Selatan |
Bidang Ilmu: Filsafat Tasawuf | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
2 | ![]() | Prof. Dr. Mukhammad Zamzami, Lc., M.Fil.I S1: Universitas Al-Azhar Mesir S2: UIN Sunan Ampel Surabaya S3: UIN Sunan Ampel Surabaya |
Bidang Ilmu: Pemikiran Modern dalam Islam | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
3 | ![]() | Prof. Dr. Muktafi, M.Ag S1: UIN Sunan Ampel Surabaya S2: UIN Sunan Ampel Surabaya S3: UIN Sunan Ampel Surabaya |
Bidang Ilmu: Teoologi Islam Modern | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
4 | ![]() | Dr. Tasmuji, M.Ag S1: UIN Sunan Ampel Surabaya S2: UIN Sunan Ampel Surabaya S3: UIN Sunan Ampel Surabaya |
Bidang Ilmu: Tasawuf dan Tarekat | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
5 | ![]() | Dra. Khodijah, M.Si S1: UIN Sumatera Utara Medan S2: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya S3: Universitas Airlagga |
Bidang Ilmu: Gender Studies | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
6 | ![]() | Dr. Ghozi, Lc, M.Fil.I S1: Universitas Al Azhar Mesir S2: UIN Sunan Ampel Surabaya S3: UIN Sunan Ampel Surabaya |
Bidang Ilmu: Tasawuf Klasik Karya Penelitian: | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
7 | ![]() | Syaifulloh Yazid, MA S1: Universitas Al Azhar Mesir S2: Universiti Kebangsaan Malaysia S3: – |
Bidang Ilmu: Psikosufistik | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
8 | ![]() | Herliyana Isnaeni, M.Psi.Psikolog S1: Universitas Surabaya (UBAYA) S2: Universitas Airlangga Surabaya S3: – |
Bidang Ilmu: Psikologi | ||
Profil: SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
9 | ![]() | Dr. H. Kharisuddin, M. Ag. S1: – S2: – S3: – |
Bidang Ilmu: Akhlaq Tasawuf Karya Penelitian: | ||
| SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
10 | ![]() | Dr. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag S1: – S2: – S3: – |
Bidang Ilmu: Ilmu Tasawuf Karya Penelitian: | ||
| SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
11 | ![]() | Dr. Nailatin Fauziyah, S.Psi, M.Si, M.Psi S1: – S2: – S3: – |
Bidang Ilmu: Psikologi Komunikasi Karya Penelitian: | ||
| SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
12 | ![]() | Soffy Balgies, M.Psi, Psikolog S1: – S2: – S3: – |
Bidang Ilmu: Psikodiagnostik Karya Penelitian: | ||
| SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
13 | ![]() | Dr. Agus Santoso, S.Ag, M.Pd S1: – S2: – S3: – |
Bidang Ilmu: Bimbingan dan Penyuluhan Islam Karya Penelitian: | ||
| SINTA | Google Scholar | Scopus | ||
14 | ![]() | Dra. Psi. Mierrina, M.Si S1: – S2: – S3: – |
Bidang Ilmu: Psikologi Karya Penelitian: | ||
| SINTA | Google Scholar | Scopus |
Penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (PS TP) dilaksanakan sesuai dengan skema roadmap penelitian yang telah ditetapkan oleh program studi. Topik-topik penelitian diarahkan agar selaras dengan perkembangan keilmuan tasawuf dan psikoterapi, serta relevan dengan dinamika kontemporer bidang tersebut. Hasil penelitian tersebut selanjutnya dipublikasikan dalam berbagai bentuk, antara lain jurnal ilmiah, buku akademik, maupun artikel di media massa.
Pendekatan dan metode penelitian yang diterapkan bersifat interdisipliner, sejalan dengan visi program studi yang mengedepankan pembelajaran kontekstual dan berbasis kajian tasawuf Nusantara. Upaya perluasan jejaring mitra penelitian juga menjadi fokus penting, dengan menjalin kerja sama akademik bersama berbagai institusi internasional, seperti Universiti Sains Malaysia, Ankara Medipol University (Turki), American University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Tabriz (Iran), Centre for Comparative Literature, University of Toronto (Kanada), dan Leipzig University (Jerman). Kolaborasi ini berdampak signifikan terhadap peningkatan indeks publikasi dalam bidang tasawuf dan psikoterapi.
Isu-isu yang diangkat dalam penelitian PS TP umumnya berpusat pada problematika akhlak dan spiritualitas, dengan tujuan memberikan solusi atas permasalahan nyata yang ditemukan di lapangan. Pelaksanaan penelitian mengikuti tahapan yang terstruktur, mulai dari perencanaan, perancangan, pelaksanaan, hingga penyusunan laporan penelitian, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam dokumen “Standar Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal UIN Sunan Ampel Surabaya” dan “Panduan Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya.”
Di tingkat universitas, proses administrasi penelitian dilaksanakan melalui sistem informasi terpadu SITASA, sedangkan untuk penelitian yang didanai oleh Kementerian Agama, pengelolaan dilakukan melalui LITAPDIMAS. Unit Pengelola Program Studi (UPPS) telah menyusun peta jalan yang menjadi payung bagi tema-tema penelitian dosen dan mahasiswa.
Penelitian PS TP dalam kurun waktu tiga tahun terakhir telah dijalankan secara konsisten sesuai dengan panduan roadmap Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 2020-2024 serta roadmap PS TP 2020-2024.
Berikut adalah tabel ringkasan penelitian PS TP:
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (PS TP) merupakan wujud implementasi dan pengembangan visi yang tertuang dalam Roadmap Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Seluruh laporan hasil PkM diinput dan dikelola melalui SITASA (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Ampel), sehingga data kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Tetap Program Studi (DTPS) dapat diakses, diidentifikasi, serta dimonitor dan dievaluasi secara sistematis untuk memastikan ketercapaian target yang telah ditetapkan.
Sebagai acuan dalam pelaksanaan PkM, PS TP mengacu pada dokumen Standar Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal UIN Sunan Ampel Surabaya serta Panduan Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal yang diterbitkan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Kedua dokumen ini menjadi landasan rasional dalam penentuan strategi dan kebijakan PkM, yang kemudian dirumuskan secara rinci dalam peta jalan Pengabdian kepada Masyarakat PS TP. Untuk mendukung pelaksanaan tersebut, telah dilakukan serangkaian upaya manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pelaporan kegiatan PkM secara terintegrasi dan berkesinambungan.
Pengembangan PkM PS TP sejalan dengan visi Unit Pengelola Program Studi (UPPS), yaitu “Mengembangkan riset bidang studi tasawuf dan psikoterapi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat berbasis kajian khazanah Nusantara.” Paradigma yang diadopsi dalam pelaksanaan PkM di lingkungan UIN Sunan Ampel, khususnya PS TP, adalah University-Community Engagement (UCE), yang menegaskan keterlibatan aktif antara universitas dan masyarakat sebagai mitra strategis.
Faktor eksternal yang memberikan nilai tambah bagi DTPS dan mahasiswa adalah keberagaman mitra PkM PS TP, baik dalam skala nasional maupun internasional. Sementara itu, faktor internal yang mendukung adalah luasnya jaringan relasi DTPS PS TP. Pelaksanaan PkM dapat dilakukan secara individual oleh dosen, secara kolektif, difasilitasi oleh Program Studi dan Fakultas, melalui kemitraan dengan masyarakat, maupun melalui hibah yang bersumber dari Kementerian Agama. Untuk memastikan mutu dan efektivitas pelaksanaan PkM, dilakukan evaluasi secara berkala. Beberapa cakupan topik yang telah dikembangkan mengikuti bagan dan tema yang tercantum dalam roadmap PkM Unit Pengelola Program Studi.
Program studi kami didukung oleh sarana dan prasarana yang layak, berkualitas, dan telah terjamin mutunya sesuai dengan standar yang berlaku. Seluruh fasilitas dirancang untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengembangan diri secara optimal.
Aspek aksesibilitas menjadi perhatian utama, dengan penempatan ruang yang tertata baik dan ramah disabilitas, sehingga dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika tanpa terkecuali. Infrastruktur kampus memenuhi prinsip inklusivitas dan kemudahan akses bagi semua pengguna sesuai kebutuhan masing-masing.
Fasilitas yang tersedia mencakup:
Multipurpose & Sport Centre: Sarana olahraga dan kegiatan kemahasiswaan multifungsi.
Amphitheatre: Area terbuka untuk kegiatan seni, diskusi publik, dan pertunjukan akademik.
Laboratorium Terintegrasi & Laboratorium FUF: Penunjang praktikum dan riset mahasiswa lintas disiplin ilmu.
Perpustakaan UIN Sunan Ampel & Ruang Baca FUF: Pusat literasi akademik dengan koleksi referensi yang lengkap dan terkini.
Klinik UINSA: Layanan kesehatan kampus untuk menunjang kesejahteraan mahasiswa dan staf.
Auditorium: Ruang pertemuan dan seminar dengan kapasitas besar serta fasilitas presentasi modern.
Gedung Pusat Pengembangan Bahasa (P2B): Mendukung pengembangan kompetensi bahasa asing bagi mahasiswa.
Laboratorium Qalbun Salim: Fasilitas pembinaan spiritual dan penguatan karakter mahasiswa. (klik Qolbun Salim)
Dengan keberadaan fasilitas tersebut, program studi berkomitmen untuk menciptakan lingkungan akademik yang kondusif, inklusif, dan mendukung pengembangan potensi mahasiswa secara menyeluruh.