SELAMAT DATANG DI PRODI MPI UINSA

VISI

 
Menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yang inovatif dan Kompetitif bertaraf Internasional di Tahun 2030
 

MISI

 
  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang manajemen pendidikan berlandaskan keislaman dan multidispliner
  2. Mengembangkan riset keilmuan dalam bidang manajemen pendidikan Islam yang unggul dan berdaya saing global;
  3. Menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat dan lembaga pendidikan Islam

.

Tentang Prodi Manajemen Pedidikan Islam

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel) Terakreditasi A dan berdiri sejak tanggal 17 Maret 2005 merupakan program akademik yang bertujuan untuk mempersiapkan para calon tenaga pendidik dan pengelola pendidikan Islam yang kompeten dan profesional. Berikut adalah sejumlah topik dan pembahasan terkait dalam konteks manajemen pendidikan Islam :

1. Teori Manajemen Pendidikan: Mahasiswa mungkin belajar tentang teori-teori manajemen yang berlaku umum dan bagaimana menerapkannya dalam konteks pendidikan Islam. Ini bisa termasuk pembelajaran tentang prinsip-prinsip manajemen, fungsi manajemen, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta evaluasi dalam konteks pendidikan Islam.

2. Pendidikan Islam: Ini mencakup pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip, nilai-nilai, dan praktik pendidikan Islam. Mahasiswa dapat mempelajari sejarah, filosofi, metodologi, dan kurikulum pendidikan Islam serta bagaimana manajemen dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas lembaga pendidikan Islam.

3. Manajemen Institusi Pendidikan: Mahasiswa mungkin juga mempelajari manajemen institusi pendidikan secara umum, termasuk aspek administratif, keuangan, sumber daya manusia, dan pengembangan kurikulum. Namun, dalam konteks Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, penerapan prinsip-prinsip ini dikhususkan untuk institusi-institusi pendidikan Islam.

4. Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam: Salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan Islam adalah pembelajaran tentang kepemimpinan yang efektif dalam konteks Islam. Mahasiswa mungkin mempelajari karakteristik kepemimpinan Islami, etika kepemimpinan, serta bagaimana memimpin lembaga pendidikan dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.

5. Studi Kasus dan Analisis: Program Studi ini juga mungkin melibatkan studi kasus nyata dari lembaga pendidikan Islam untuk menganalisis tantangan, strategi pengelolaan, dan inovasi dalam manajemen pendidikan Islam.

6. Pengembangan Program Pendidikan: Mahasiswa mungkin diajarkan bagaimana merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program-program pendidikan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam serta mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

7. Pembinaan SDM: Pembahasan juga mungkin meliputi strategi pembinaan sumber daya manusia (guru, staf, dan tenaga pendidik lainnya) dengan pendekatan Islami agar mereka dapat memberikan kontribusi maksimal dalam lembaga pendidikan Islam.

8. Manajemen Krisis dalam Konteks Islam: Mahasiswa mungkin juga belajar bagaimana mengelola krisis dan tantangan dalam lembaga pendidikan Islam dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.