Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian pembelajarn lulusan Program Studi Magister Studi Islam UINSA adalah sebagai berikut:
Sikap (S):
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner
Code CP | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
S01. | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S02. | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika. |
S03. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S04. | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa. |
S05. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S06. | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S07. | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S08. | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S09. | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10. | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Keterampilan Umum (KU):
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
Kode CP | Deskripsi dan Capaian KKNI |
KU01 | mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; |
KU02. | mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; |
KU03. | mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; |
KU04. | mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; |
KU05. | mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; |
KU07. | mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; |
KU08. | mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan |
KU09. | mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Pengetahuan (P):
Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian bidang pengetahuan secara prosedural.
Kode CP | Deskripsi dan Capaian KKNI |
P01. | Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan dalam kajian keislaman |
P02. | Menguasai konsep teoritis perencanaan mutakhir di bidang kajian keislaman yang kreatif dan inovatif dengan menerapkan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner serta berdasarkan kajian teoritis yang paripurna |
P03. | Menguasai keilmuan bidang studi Islam melalui penelitian ilmiah yang teruji |
P04. | Menguasai teori-teori metodologi penelitian dan mengaplikasikannya untuk menjawab tantangan-tantangan di bidang studi Islam |
P05 | Menguasai konsep teoritis pengembangan dan pemecahan kajian keislaman berdasarkan menggunakan multi pendekatan (Filosofis, Psikologis, Teknologi-Sosiologis dan Yuridis) |
P06. | Menguasai teori dan teori aplikasi pengembangan kajian keislaman secara multidisipliner dan interdisipliner |
P07. | Menguasai teori dan teori aplikasi penggunaan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, riset, dan pengembangan profesional dalam bidang kajian keislaman |
P08. | Menguasai pengetahuan yang mendukung bidang kajian keislaman |
Keterampilan Khusus (KK):
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Kode CP |
Deskripsi dan Capaian KKNI |
KK01 |
Menguasai pengetahuan tentang isu terkini kajian-kajian keislaman (islamic studies) berbasis multikultural-interdisipliner |
KK02 |
Menguasai teori islamic studies secara multidisipliner-interdisipliner serta aplikasinya |
KK03 |
Mampu menerjemahkan isu-isu aktual dari sudut pandang kajian kajian keislaman yang berkarakteristik Keislaman dan Keindonesiaan. |
KK04 |
Mampu menjawab problem kemasyarakatan dengan produk karya ilmiah/tulis terpublikasi dan atau kiprahnya dalam memberikan kontribusi produk fatwa dalam bidang kajian keislaman |
KK05 |
Mampu memutuskan dan menyelesaikan berbagai sengketa yang dapat dipertagungjawabkan secara akademik dalam kajian keislaman |
KK06 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah di bidang Islamic Studies yang meliputi dakwah Islam, Hukum Islam, masyarakat Islam dan pemikiran Islam. |
KK07 |
Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di lembaga dan komunitas yang lebih luas. |
KK08 |
Mampu merespons secara positif perkembangan mutakhir dalam pengembangan kajian kajian keislaman dengan pendekatan multidisipliner-interdisipliner |