
- MELODI (MEKANISME LAPOR DIRI)
- Memindai (scan) seluruh berkas pendukung
- Mengisi data pribadi secara online
- Upload seluruh berkas pendukung
- Upload RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)
- Pindai/Scan Berkas Pendukung:
- Pindai/Scan Berkas Pendukung:
- Scan Ijazah pendidikan Ijazah S-1 (Asli) (dapat menambahkan ijazah S-2);
- Scan Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah (Asli) atau yang sudah dilegalisasi oleh pihak yang berwenang (jika ada);
- Scan Transkip Nilai (Asli);
- Scan KTP (Asli);
- Pas photo terbaru 3×4 sebanyak 1, dengan ketentuan terlampir
- Dokumen RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) [Bisa dilihat di Unggah Berkas RPL].
2. Isi Data Pribadi
- Lapor diri dilaksanakan secara online pada tanggal 24 – 28 Februari 2025 melalui laman https://ppg.uinsa.ac.id/login mulai tanggal 24 Februari 2025
- Akses Login:


3. Unggah Berkas Pendukung
Setelah Login melalui https://ppg.uinsa.ac.id/login silahkan Isi Data Pribadi dan unggah seluruh berkas pendukung
4. Unggah Berkas Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) :
RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran guru dan dikonversi dalam bentuk nilai yang diperoleh (dihasilkan) sebelum ditetapkan sebagai mahasiswa PPG. Batas Waktu terhadap dokumen pengakuan tersebut adalah maksimal 6 (enam) tahun sebelum ditetapkan sebagai mahasiswa (peserta) PPG Dalam Jabatan. Dokumen yang harus disiapkan (di scan), sebagai berikut:
a. Dokumen SK (Surat Keputusan) Mengajar sebagai guru (dari atasan langsung, baik Ketua Yayasan atau Kepala Madrasah/Sekolah), maksimal 6 tahun terakhir;
b. Dokumen Perangkat Pembelajaran yang pernah dibuat, terdiri dari: Prota, Promes, RPP/Modul Ajar, Materi Ajar, LKPD, Alat Peraga/Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian, maksimal 12 semester;
c. Dokumen Pengembangan Kompetensi Profesional yang pernah diikuti, terdiri dari: sertifikat/piagam penghargaan/surat keterangan mengikuti kegiatan ilmiah dari KKG/MGMP/Forum Sejenis, maksimal 12 semester
d. Dokumen Pengelolaan Administrasi Pembelajaran dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Madrasah/TU tentang keaktifan guru dalam manajerial di kelas, minimal 1 kali setahun; dan
e. Dokumen Inovasi Pembelajaran yang pernah dibuat sendiri dan dibuktikan dengan salah satu dari dokumen berikut: Modul Pembelajaran/Video Pembelajaran/Penelitian Tindakan Kelas/Karya Lainnya, minimal satu kali.
Penjelasan lebih rinci akan kami sampaikan selanjutnya.
Terima Kasih
