Sebaran Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran
Profil Lulusan
Sebaran Mata Kuliah

Sebaran Mata Kuliah Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

No.

SEMESTER

MATA KULIAH

SKS

1.

I

Metodologi Studi Islam

3

2.

Metodologi Penelitian Pendidikan

3

3.

Psikologi Perkembangan Anak

3

4.

Pengembangan Strategi dan Media Pembelajaran Berbantu IT

3

5.

Pengembangan Evaluasi Pendidikan

3

6.

 

 

 

II

Pengembangan Kurikulum MI

3

7.

Statistika Pendidikan

3

8.

Pengembangan Pembelajaran Matematika/Pengembangan Pembelajaran  PKN di MI*)

3

9.

Pengembangan Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab di MI

3

10.

Pengembangan Pembelajaran IPA/Pengembangan Pembelajaran  IPS di MI*)

3

11.

Pengembangan Pembelajaran Matematika/ Pembelajaran Bahasa Indonesia*)

 

3

12.

III

Seminar Proposal

Tesis

3

6

Capaian Pembelajaran

Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Code CP

Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap (S):

S01.

Menjunjung tinggi nilai agama, kemanusiaan,  serta nilai, norma, dan etika akademik dalam  menjalankan tugas dan profesinya..

S02.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam

S03.

Menerima, menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir terhadap nilai-nilai Islam serta keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

 

Keterampilan Umum (KU):

Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

 

KODE CP

Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

KU01.

mampu mengembangkanpemikiran logis, kritis,sistematis, dan kreatif dalampenerapan teknologi yangmemperhatikan danmenerapkan nilai humaniorasesuai bidang keahliannyadalam rangka menghasilkanprototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, sertakarya yang dipresentasikanatau dipamerkan;

KU02.

mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang      keahliannya     dalammenyelesaikanmasalahdimasyarakat atau industri yang relevan melaluipengembangan pengetahuan dan keahliannya

KU03.

mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melaluimediakepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KU04.

mampu            mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin;

KU05.

mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan      kajianekperimental            terhadap informasi dan data;

KU06.

Mampumengelola, mengembangkan danmeningkatkan mutu  kerja sama baik di lembaganyamaupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan       ketepatanwaktu menyelesaikan pekerjaan;

KU07.

mampu            meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

KU08.

mampu mendokumentasikan, menyimpan,mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

Pengetahuan (P):

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

P01.

Menguasaikonsep tentang Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, PAI, dan Bahasa Arab untuk pengembangan bahan pembelajaran di MI dengan menggunakan pendekatan inter dan multidisipliner.

P02.

Menguasai pengetahuan tentang konsep-konsep, pendekatan, teori dan metode studi Islam multidisipliner dan interdisipliner, serta state of the arts studi Islam.

P03

Menguasai konsep dan kebijakan dalam pengembangan kurikulum secara cermat pada pendidikan dasar melalui pendekatan multi dan interdisipliner.

P04

Menguasai konsep evaluasi pembelajaran secara cermat dan sesuai dengan penilaian pembelajaran padapendidikan dasar melalui pendekatan multi dan interdisipliner.

P05

Menguasai konsep model, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang berbantu IT yang terkait dengan pembelajaran pada Pendidikan Dasar dengan cermat melalui pendekatan multi dan interdisipliner.

P06

Menguasai konsep psikologi perkembangan dan psikologi belajar dengan cermat yang terkait dengan pembelajaran di Pendidikan Dasar dengan pendekatan multi dan interdisipliner.

P07

Menguasaikonsep penelitian pendidikan dan analisis data penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif dengan cermat yang terkait dengan penelitian di Pendidikan Dasar dengan pendekatan multi dan interdisipliner.

P08

Menguasai konsep analisis data baik data penelitian kualitatif maupun data penelitian kualitatif dengan cermat dan dengan pendekatan multi dan interdidipliner.

Keterampilan Khusus (KK):

Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

KK01

Mengembangkan, merancang dan melaksanakan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, PAI dan Bahasa Arab di MI yang kreatif dan inovatif yang teruji secara ilmiah atau didukung teori ilmiah dengan pendekatan inter atau multidisipliner untuk memecahkan problematika pembelajaran di MI.

KK02

Mengembangkan pengetahuan tentang konsep-konsep, pendekatan, teori dan metode studi Islam multidisipliner dan interdisipliner, serta state of the arts studi Islam.

KK03

Mengembangkan kurikulum yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan/atau kurikulum MI dengan menggunakan  pendekatan inter dan multidisipliner (Filosofis, Psikologis, Teknologis-Sosiologis, dan yuridis)  dan melakukan penelitian kurikulum baik dalam perspektif kebijakannya  maupun implementasinya.

KK04

Mengembangkan dan melakukan penelitian tentang evaluasi pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, PAI, dan Bahasa Arab di MI melalui pengusulan teori ilmiah atau pengembangan sistem penilaian dalam Pendidikan di MI.

KK05

Mengembangkan, melaksanakan dan melakukan penelitian tentang model, metode, dan strategi pembelajaran di MI yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan media pembelajaran berbantu IT dengan menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner.

KK06

Mengembangkan dan melakukan penelitian tentang aspek-aspek perkembangan anak usia MI dan pembelajaran yang sesuai dengan usia mereka dengan pendekatan multi dan interdisipliner.

KK07

Merancang, melakukan, dan melaporkan penelitian  dengan cermat baik yang berbasis pada lapangan maupun pada kepustakaan;

KK08

Mengolah dan menganalisis data yang diperoleh baik data kualitatif maupun  kuantitatif untuk menghasilkan kesimpulan yang benar dan tepat untuk berbagai kepentingan;

KK09

Menulis artikel yang dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional dan internasional.

KK010

Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi baik di dalam kelas maupun forum diskusi yang lebih luas (seminar dan konferensi)

Profil Lulusan

1. Akademisi/Pendidik

Magister pendidikan yang memiliki keahlian, penguasaan pengetahuan, dan kemampuan manajerial sebagai akademisi dalam bidang Kependidikan Dasar Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian.

2. Peneliti pada Bidang Pendidikan Dasar

Magister Pendidikan yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mempublikasikan serta mengelola hasil penelitian dalam bidang Kependidikan Dasar Islam sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian.

Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation.

Akademik
  • Fakultas dan Pascasarjana
  • Kegiatan Kemahasiswaan
  • Fasilitas Penunjang Perkuliahan
Tentang UINSA
  • Sejarah
  • Profil Pimpinan
  • Filosofi Lambang
Informasi
  • Berita
  • Coloumn
  • Pengumuman
  • Penelitian dan Publikasi

UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. ©2023

Youtube Instagram Facebook-f Twitter Whatsapp