Sebaran Mata Kuliah Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
No. | SEMESTER | MATA KULIAH | SKS |
1. | I | Metodologi Studi Islam | 3 |
2. | Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | |
3. | Psikologi Perkembangan Anak | 3 | |
4. | Pengembangan Strategi dan Media Pembelajaran Berbantu IT | 3 | |
5. | Pengembangan Evaluasi Pendidikan | 3 | |
6. |
II | Pengembangan Kurikulum MI | 3 |
7. | Statistika Pendidikan | 3 | |
8. | Pengembangan Pembelajaran Matematika/Pengembangan Pembelajaran PKN di MI*) | 3 | |
9. | Pengembangan Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab di MI | 3 | |
10. | Pengembangan Pembelajaran IPA/Pengembangan Pembelajaran IPS di MI*) | 3 | |
11. | Pengembangan Pembelajaran Matematika/ Pembelajaran Bahasa Indonesia*)
| 3 | |
12. | III | Seminar Proposal Tesis | 3 6 |
Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan
Code CP | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
Sikap (S): | |
S01. | Menjunjung tinggi nilai agama, kemanusiaan, serta nilai, norma, dan etika akademik dalam menjalankan tugas dan profesinya.. |
S02. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam |
S03. | Menerima, menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir terhadap nilai-nilai Islam serta keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
|
Keterampilan Umum (KU): Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
| |
KODE CP | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
KU01. | mampu mengembangkanpemikiran logis, kritis,sistematis, dan kreatif dalampenerapan teknologi yangmemperhatikan danmenerapkan nilai humaniorasesuai bidang keahliannyadalam rangka menghasilkanprototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, sertakarya yang dipresentasikanatau dipamerkan; |
KU02. | mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalammenyelesaikanmasalahdimasyarakat atau industri yang relevan melaluipengembangan pengetahuan dan keahliannya |
KU03. | mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melaluimediakepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; |
KU04. | mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin; |
KU05. | mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajianekperimental terhadap informasi dan data; |
KU06. | Mampumengelola, mengembangkan danmeningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganyamaupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatanwaktu menyelesaikan pekerjaan; |
KU07. | mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan |
KU08. | mampu mendokumentasikan, menyimpan,mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
|
Pengetahuan (P): Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. | |
P01. | Menguasaikonsep tentang Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, PAI, dan Bahasa Arab untuk pengembangan bahan pembelajaran di MI dengan menggunakan pendekatan inter dan multidisipliner. |
P02. | Menguasai pengetahuan tentang konsep-konsep, pendekatan, teori dan metode studi Islam multidisipliner dan interdisipliner, serta state of the arts studi Islam. |
P03 | Menguasai konsep dan kebijakan dalam pengembangan kurikulum secara cermat pada pendidikan dasar melalui pendekatan multi dan interdisipliner. |
P04 | Menguasai konsep evaluasi pembelajaran secara cermat dan sesuai dengan penilaian pembelajaran padapendidikan dasar melalui pendekatan multi dan interdisipliner. |
P05 | Menguasai konsep model, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang berbantu IT yang terkait dengan pembelajaran pada Pendidikan Dasar dengan cermat melalui pendekatan multi dan interdisipliner. |
P06 | Menguasai konsep psikologi perkembangan dan psikologi belajar dengan cermat yang terkait dengan pembelajaran di Pendidikan Dasar dengan pendekatan multi dan interdisipliner. |
P07 | Menguasaikonsep penelitian pendidikan dan analisis data penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif dengan cermat yang terkait dengan penelitian di Pendidikan Dasar dengan pendekatan multi dan interdisipliner. |
P08 | Menguasai konsep analisis data baik data penelitian kualitatif maupun data penelitian kualitatif dengan cermat dan dengan pendekatan multi dan interdidipliner. |
Keterampilan Khusus (KK): Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. | |
KK01 | Mengembangkan, merancang dan melaksanakan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, PAI dan Bahasa Arab di MI yang kreatif dan inovatif yang teruji secara ilmiah atau didukung teori ilmiah dengan pendekatan inter atau multidisipliner untuk memecahkan problematika pembelajaran di MI. |
KK02 | Mengembangkan pengetahuan tentang konsep-konsep, pendekatan, teori dan metode studi Islam multidisipliner dan interdisipliner, serta state of the arts studi Islam. |
KK03 | Mengembangkan kurikulum yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan/atau kurikulum MI dengan menggunakan pendekatan inter dan multidisipliner (Filosofis, Psikologis, Teknologis-Sosiologis, dan yuridis) dan melakukan penelitian kurikulum baik dalam perspektif kebijakannya maupun implementasinya. |
KK04 | Mengembangkan dan melakukan penelitian tentang evaluasi pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, PAI, dan Bahasa Arab di MI melalui pengusulan teori ilmiah atau pengembangan sistem penilaian dalam Pendidikan di MI. |
KK05 | Mengembangkan, melaksanakan dan melakukan penelitian tentang model, metode, dan strategi pembelajaran di MI yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan media pembelajaran berbantu IT dengan menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner. |
KK06 | Mengembangkan dan melakukan penelitian tentang aspek-aspek perkembangan anak usia MI dan pembelajaran yang sesuai dengan usia mereka dengan pendekatan multi dan interdisipliner. |
KK07 | Merancang, melakukan, dan melaporkan penelitian dengan cermat baik yang berbasis pada lapangan maupun pada kepustakaan; |
KK08 | Mengolah dan menganalisis data yang diperoleh baik data kualitatif maupun kuantitatif untuk menghasilkan kesimpulan yang benar dan tepat untuk berbagai kepentingan; |
KK09 | Menulis artikel yang dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional dan internasional. |
KK010 | Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi baik di dalam kelas maupun forum diskusi yang lebih luas (seminar dan konferensi) |
1. Akademisi/Pendidik
Magister pendidikan yang memiliki keahlian, penguasaan pengetahuan, dan kemampuan manajerial sebagai akademisi dalam bidang Kependidikan Dasar Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian.
2. Peneliti pada Bidang Pendidikan Dasar
Magister Pendidikan yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mempublikasikan serta mengelola hasil penelitian dalam bidang Kependidikan Dasar Islam sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian.