Sikap (S):

Kode CPL Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan
   
S01

Menjunjung tinggi nilai agama, kemanusiaan,  serta nilai,

norma, dan etika akademik dalam  menjalankan tugas dan profesinya.

S02

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupabermasyarakat,  berbangsa, bernegara, dan kemajuaperadaban berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam.

S03

Menerima, menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan

keseimbangan dzikir dan pikir terhadap nilai-nilai Islam serta keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 

Keterampilan Umum (KU): 

Kode CPL Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan
   
KU01

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan

bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;  

KU02

mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; 

KU03

mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik,serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas 

KU04

mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; 

KU05

mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; 

KU06

mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; 

KU07

mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan 

KU08

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi 

Pengetahuan (P): 

Kode CPL Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan
   
P01

Mengembangkan teori-teori Pendidikan Agama Islam yang

terintegrasi dengan keilmuan lain secara mendalam sebagai titik

tolak dalam pengembangan pembelajaran PAI;

P02

Menguasai pengetahuan tentang konsep-konsep, pendekatan,

teori dan metode studi Islam interdisipliner dan multidipliner

serta state of the arts studi Islam. 

P03

Menguasai teori, pendekatan, ragam dan penilaian pembelajaran

agama Islam yang kreatif dan inovatif melalui pendekatan inter

dan multidisipliner; 

P04 Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah pendidikan agama islam secara logis, kritis, inovatif dan kreatif baik masalah internal maupun eksternal
P05

Menguasai teori metodologi penelitian melalui pendekatan inter

dan multidisipliner, serta mengaplikasikannya untuk menjawab

tantangan-tantangan di bidang pendidikan agama Islam

P06

Menguasai konsep teoretis pengembangan kurikulum PAI dan

pemecahan masalah-masalah PAI yang berdasarkan multi

pedekatan (FIlosofis, Psikologis, Teknologi-Sosiologis dan

Yuridis)

P07

Menguasai teori dan teori aplikasi penggunaan teknologi untuk

kegiatan pembelajaran, riset, dan pengembangan profesional

dalam bidang PAI.

P08

PO9

Menguasai pengetahuan yang mendukung pengembangan bidang Pendidikan Agama Islam

Menguasai konsep penelitian pendidikan dan analisis data penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif dengan cermat yang terkait dengan penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan interdisipliner atau  multidispiliner

 

Keterampilan Khusus (KK): 

Kode CPL Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan
   
KK01

Mampu merancang pembelajaran PAI yang kreatif dan inovatif

yang teruji secara ilmiah atau didukung teori ilmiah dengan pendekatan 

interdisipliner atau multidisipliner untuk 

memacahkan problematika pembelajaran PAI 

KK02

Mampu memecahkan masalah  pengembangan kurikulum yang

terkaitan dengan bidang Pendidikan Agama Islam dengan

menggunakan multi pendekatan (Filosofis, Psikologis,

Teknologis-Sosiologis, dan yuridis)

KK03

Memetakan dan mengembangkan potensi keagamaan peserta

didik yang positif dalam kehidupan nyata; 

KK04 Mampu memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, riset dan pengembangan profesional dalam bidang PAI
KK05

Mengembangkan penelitian ilmiah dalam bidang Pendidikan

Agama Islam dan mempublikasikannya dalam jurnal nasional

terakreditasi

KK06

Mampu merencanakan pendidikan Islam dan memberikan

alternatif solutif terhadap masalah-masalah pendidikan Islam di

masayarakat

KK07

Mampu merespons secara positif perkembangan mutakhir dalam

pembelajaran, pendidikan, dan keilmuan bidang Pendidikan

Agama Islam