Sikap (S):
Kode CPL | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
S01 |
Menjunjung tinggi nilai agama, kemanusiaan, serta nilai, norma, dan etika akademik dalam menjalankan tugas dan profesinya. |
S02 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupabermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuaperadaban berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam. |
S03 |
Menerima, menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir terhadap nilai-nilai Islam serta keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
Keterampilan Umum (KU):
Kode CPL | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
KU01 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; |
KU02 |
mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; |
KU03 |
mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik,serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas |
KU04 |
mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; |
KU05 |
mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; |
KU06 |
mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; |
KU07 |
mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan |
KU08 |
mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
Pengetahuan (P):
Kode CPL | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
P01 |
Mengembangkan teori-teori Pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dengan keilmuan lain secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan pembelajaran PAI; |
P02 |
Menguasai pengetahuan tentang konsep-konsep, pendekatan, teori dan metode studi Islam interdisipliner dan multidipliner serta state of the arts studi Islam. |
P03 |
Menguasai teori, pendekatan, ragam dan penilaian pembelajaran agama Islam yang kreatif dan inovatif melalui pendekatan inter dan multidisipliner; |
P04 | Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah pendidikan agama islam secara logis, kritis, inovatif dan kreatif baik masalah internal maupun eksternal |
P05 |
Menguasai teori metodologi penelitian melalui pendekatan inter dan multidisipliner, serta mengaplikasikannya untuk menjawab tantangan-tantangan di bidang pendidikan agama Islam |
P06 |
Menguasai konsep teoretis pengembangan kurikulum PAI dan pemecahan masalah-masalah PAI yang berdasarkan multi pedekatan (FIlosofis, Psikologis, Teknologi-Sosiologis dan Yuridis) |
P07 |
Menguasai teori dan teori aplikasi penggunaan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, riset, dan pengembangan profesional dalam bidang PAI. |
P08 PO9 |
Menguasai pengetahuan yang mendukung pengembangan bidang Pendidikan Agama Islam Menguasai konsep penelitian pendidikan dan analisis data penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif dengan cermat yang terkait dengan penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan interdisipliner atau multidispiliner |
Keterampilan Khusus (KK):
Kode CPL | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
KK01 |
Mampu merancang pembelajaran PAI yang kreatif dan inovatif yang teruji secara ilmiah atau didukung teori ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner untuk memacahkan problematika pembelajaran PAI |
KK02 |
Mampu memecahkan masalah pengembangan kurikulum yang terkaitan dengan bidang Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan multi pendekatan (Filosofis, Psikologis, Teknologis-Sosiologis, dan yuridis) |
KK03 |
Memetakan dan mengembangkan potensi keagamaan peserta didik yang positif dalam kehidupan nyata; |
KK04 | Mampu memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, riset dan pengembangan profesional dalam bidang PAI |
KK05 |
Mengembangkan penelitian ilmiah dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan mempublikasikannya dalam jurnal nasional terakreditasi |
KK06 |
Mampu merencanakan pendidikan Islam dan memberikan alternatif solutif terhadap masalah-masalah pendidikan Islam di masayarakat |
KK07 |
Mampu merespons secara positif perkembangan mutakhir dalam pembelajaran, pendidikan, dan keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam |
|