Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajarn lulusan Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSA adalah sebagai berikut:
Code CP | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
Sikap (S): Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner | |
S01. | Menjunjung tinggi nilai agama, kemanusiaan, serta nilai, norma, dan etika akademik dalam menjalankan tugas dan profesinya.. |
S02. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam |
S03. | Menerima, menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir terhadap nilai-nilai Islam serta keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
Keterampilan Umum (KU): Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner. | |
KODE CP | Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
KU01. | mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan; |
KU02. | mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya |
KU03. | mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; |
KU04. | mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin; |
KU05. | mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data; |
KU06. | Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan; |
KU07. | mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan |
KU08. | mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Pengetahuan (P): Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. | |
P01. | Menguasai konsep tentang Filsafat dan tokoh dakwah, ilmu Dakwah, Teori Dakwah, teori sosial, teori komunikasi, Dakwah multicultural untuk pengembangan bahan dan riset komunikasi dan penyiaran islam dengan menggunakan pendekatan inter dan multidisipliner. |
P02. | Menguasai pengetahuan tentang konsep-konsep, pendekatan, teori dan metode studi Islam multidisipliner dan interdisipliner. |
P03 | Menguasai konsep dan kebijakan dalam pengembangan dakwah Islam di media massa dan media digital melalui pendekatan multi dan interdisipliner. |
P04 | Menguasai konsep Perencanaan Komunikasi Dakwah pendekatan multi dan interdisipliner. |
P05 | Menguasai konsep Komunikasi interpersonal melalui pendekatan multi dan interdisipliner. |
P06 | Menguasai konsep Media dan Isu-Isu dakwah kontemporer dengan pendekatan multi dan interdisipliner. |
P07 | Menguasai konsep Metode penelitian Dakwah dan analisis data penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif dengan cermat yang terkait dengan dengan pendekatan multi dan interdisipliner. |
Keterampilan Khusus (KK): Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. | |
KK01 | Mengembangkan, merancang/mendesaian dan melaksanakan riset keilmuaan komunikasi dan penyiaran Islam, dalam bidang perencanaan dakwah, Media dan Isu Dakwah Kontemporer, dengan pendekatan interdisipliner dan atau multidisipliner untuk memecahkan problematika dakwah Islam |
KK02 | Mengembangkan pengetahuan dan pendekatan dakwah, teori dakwah, teori-teori sosial, teori-teori komunikasi dengan pendekatan multidisipliner dan atau interdisipliner |
KK03 | Mengembangkan desain dakwah/ Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner dan melakukan penelitian baik dalam perspektif konseptual maupun implementasinya. |
KK04 | Mengembangkan dan melakukan penelitian tentang ilmu dakwah, perencanaan komunikasi dakwah, Media dan isu kontemporer dakwah, Media dan Teknologi Informasi untuk dakwah, dakwah multicultural, komunikasi interpersonal dan dakwah, melalui pengusulan teori ilmiah atau pengembangan teori dakwah, teori komunikasi dan teori-teori sosial; |
KK05 | Mengembangkan, melaksanakan dan melakukan penelitian dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner, tentang dakwah islam, baik dari sisi da’i, mad’u, pesan, metode, dan pendekatan dakwah melalui public speaking maupun melalui media massa dan media digital dengan memanfaatkan media pembelajaran berbantu IT. |
KK06 | Merancang, melakukan, dan melaporkan penelitian ilmu dakwah dengan cermat baik yang berbasis pada lapangan maupun pada kepustakaan, media massa dan media digital ; |
KK07 | Mengolah dan menganalisis data yang diperoleh baik data kualitatif maupun kuantitatif untuk menghasilkan kesimpulan yang benar dan tepat untuk berbagai kepentingan; |
KK08 | Menulis artikel yang dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional dan internasional. |
KK09 | Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi baik di dalam kelas maupun forum diskusi yang lebih luas (seminar dan konferensi) |