UINSA Newsroom, Sabtu (25/11/23)

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar acara Majelis Dzikir dan Maulidur Rasul dalam rangka Khidmah 57 tahun berdirinya Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya. Majelis Dzikir ini berlangsung di halaman UINSA kampus Gunung Anyar mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Acara dimulai dengan sholat maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan pembacaan Istighosah, Yasin, dan pembacaan Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al Jailany yang dibaca secara bergantian oleh Masyayikh dan Asatidz dari Pondok Pesantren Al-Fitrah, Kedinding, Surabaya. Puncaknya pembacaan tahlil dan mahallul qiyam yang dilantunkan dengan khusyu’ oleh jamaah yang hadir.

Berlangsungnya acara ini sangat Istimewanya dengan kehadiran Ulama’ besar diantaranya Keluarga Ndalem Pesantren Al-Fitrah Surabaya, Penasehat Jamaah Al-Khidmah Pusat, Beberapa Habaib Masyhur seperti Habib Musthofa Al Jufri dan Habib Abdurrohman bin Agil. Selain itu Jajaran Dekanat dan Civitas Akademika Fakultas Adab dan Humaniora UINSA juga turut berkhidmah di acara akbar Fahum ini. Dekan Fahum, Dr. H. Moh. Kurjum, M.Ag. menyampaikan dalam sambutannya “Acara ini merupakan bagian dari ikhtiar bersama Keluarga Besar Fahum UINSA dalam mewujudkan visi dan misi nya dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang ditandai dengan aktualisasi grand design acara yang diusung panitia yaitu Menuju Fahum Emas dengan Peran Civitas yang ber-Integritas.

Penyampaian Mauidhoh Hasanah yang dismapaikan oleh KH. Abdur Rosyid Juhro, M.Fil.I menjadi kata kunci di acara ini, beliau menyampaikan “Semua kesuksesan ini harus istiqomah, harus diimbangi dengan doa. Kita semua wajib berdo’a juga saling mendo’akan. Maka kita, terlebih jamaah yang hadir, imbangi semua perkara dunia kita dengan berdo’a dan melibatkan Allah SWT. dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.!”, ucap beliau dengan ketegasan.

Khidmah 57 tahun Fahum UINSA ini berjalan dengan lancar dan sukses dengan kehadiran ribuan jamah Al-Khidmah dari berbagai penjuru daerah. “Setelah belakangan ini vakum dan bahkan terselenggaranya acara ini dikemas dengan sederhana, alhamdulillah banyak dari kalangan yang membantu dan mendo’akan agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menjadi momentum untuk Fahum kedepannya agar terus tumbuh dan menebar manfaat kepada siapa pun. Terimakasih kepada seluruh elemen baik dari Pengurus Daerah Al-Khidmah Surabaya, Pengurus Cabang Al-Khidmah Rungkut, Ukhsafi Copler Community Rungkut dan lainnya yang terlibatĀ  untuk berkolaborasi bersama di acara yang istimewa ini.” Muhammad Ardika Akbar Bestari selaku Ketua Pelaksana menjelaskan.

Dengan diselenggarakannya acara Majelis Dzikir dan MaulidurĀ  Rasul ini diharapkan membawa keberkahan dan mendapat ridho Allah SWT. serta dapat membahagiakan guru kita semua dan mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak. “Melalui Khidmah 57 tahun Fahum UINSA ini semoga kita senantiasa dipertemukan dalam ruang yang bernama do’a, dan semoga kita senantiasa diperlihatkan dalam suasana yang bernama bahagia.” pungkas Muhammad Alfa, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fahum UINSA.

Jurnalis : Riza Nadia Manzil
Editor : Queen Tamalla Hasan, Defira Syawalliananta
Foto : Achmad Rizal Efendy