Berita

Mencapai persentase keberhasilan studi merupakan salah satu target yang harus dipenuhi oleh prodi ilmu falak. Selaras dengan itu, Rabu (16 Agustus 2023) prodi melakukan koordinasi dengan mahasiwa prodi ilmu falak Angkatan 2017 yang belum menyelesaikan studinya. Terhitung ada 9 mahasiswa yang belum menyelesaikan studinya.  Kegiatan yang bertajuk mengejar persentase keberhasilan studi ini dilakukan melaalui media daring, mengingat 9 mahasiswa tersebut rata-rata berdomisili di luar Surabaya, dan ada sebagian yang sudah bekerja.

Prodi Berkoordinasi dengan Mahasiswa Prodi Ilmu Falak Untuk Mengejar Persentase Keberhasilan Studi
Prodi Berkoordinasi dengan Mahasiswa Prodi Ilmu Falak Untuk Mengejar Persentase Keberhasilan Studi

Kegiatan yang dipandu oleh sekeretaris prodi ilmu falak tersebut,  dimulai dengan pengarahan oleh kaprodi Ilmu Falak Siti tatmainul Qulub. Dalam arahannya beliau menguraikan tentang target waktu penyelesaian studi. Selain itu, kaprodi ilmu falak tersebut juga menyampaikan kalender pekan ujian munaqosah yang ditetapkan oleh fakultas. Harapan yang ingin diperoleh dengan disampaikannya kalender tersebut, mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini, mengerti tanggal-tanggal penting terkait muanqosah.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian posisi saat ini terkait dengan tugas akhir masing-masing mahasiswa. Berdasarkan pemaparan mahasiswa diperoleh data bahwa mahasiswa memiliki posisi tugas akhir yang berbeda beda. Terdapat mahasiswa yang belum beraanjak dari Bab I. terdapat pula mahasiswa yang masih proses ambil data penelitiannya.  Dalam paparannya mahasiswa juga menyampaikan tentang kendala yang dihadapi dalam penyelesaian tugas akhir.

Setelah mahasiswa menyampaikan kondisi dan kednala terkait tugas akhirnya, acara dilanjutkan dengan pengambilan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa. Ada beberapa saran dan rekomendasi yang diberikan oleh prodi kepada para mahasiwa. Misalnya, terkait dengan kesusahan mahasiswa dalam pengambilan data penelitian, prodi merekomendasikan untuk mengganti objek penelitian dengan tetap berkoordinasi dengan dosen pembimbingnya.

Pada kesempatan tersebut, juga disepakati bahwa mahasiwa menentukan jadwal rutin tiap pekannya ke prodi untuk menyampaikan progres tugas akhirnya. Selain itu, juga di sepakati bahwa awal Desember tugas akhir sudah selesai.